Berikut Amalan Di Malam Nisfu Syaban Yang Bisa Kamu Kerjakan!


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Malam Nisfu Sya’ban jatuh pada hari Selasa, 7 Maret 2023. Umat muslim di dunia termasuk Indonesia menjadikan malam tersebut sebagai malam penting dan tidak bisa dilewatkan.

Pada malam ini pintu rahmat Allah dan ampunan terbuka lebar untuk manusia. Malam nisfu sya’ban juga sering disebut sebagai malam pengampunan atau malam maghfiroh.

Di bulan Sya’ban, umat muslim diminta untuk memperbanyak amalan-amalan kebaikan di dalamnya.

Sebagaimana dilakukan Rasulullah S.A.W pada bulam Nisfu Sya’ban dimuliakan dengan memperbanyak ibadah, seperti puasa dan ibadah lainnya.

Nisfu Syaban pada tahun ini bertepatan dengan petang Selasa, 7 Maret 2023. Jadi, setelah magrib Selasa ini kita bisa memulai amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban.

Begitu istimewanya malam Nisfu Syaban ini, sampai terdapat hadits yang menerangkan bahwa Allah SWT “muncul” untuk mengampuni dosa hamba-hamba-Nya.

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِي لَيْللَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْررِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ
Dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah akan “muncul” di malam Nisfuu Sya’ban kemudian mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang meninggalkan jamaah (murtad).” (HR Ibnu Majah no 1380)

Sementara itu, pada malam nisfu Sya’ban juga disunahkan untuk memperbanyak ibadah. Sebagian tradisi masyarakat merayakan malam nisfu Sya’ban dengan berkumpul bersama-sama di masjid sembari beribadah dan mengerjakan hal-hal positif lainnya.

Imam Al Ghazali menyebut malam nisfu sya’ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat. Pada mala mini pula, dua malaikat yang bertugas untuk mencatat amal kita, yakni rokib dan atit akan menyerahkan catatan-catatan amalan itu pada Allah SWT.

Dan ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan pada malam yang istimewa ini, simak berikut ini:

Baca Juga :  Manchester City Menuju Perempat Final Piala FA Usai Kalahkan Bristol

Shalat Sunnah

Sholat sunnah bisa jadi amalan pertama yang bisa kamu mulai untuk malam nisfu syaknban. Sholat yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam ini adalah shalat tasbih, shalat hajat dan shalay taubat.

Membaca Surat Yasin 3 Kali

Setelah sholat, hendaklah kamu lanjutkan dengan membaca surah yasin 3 kali diseertai dengan memperbanyak doa.

Yasin pertama diniatkan untuk Panjang umur dalam kondisi taat dan patuh kepada Allah.

Sementara Yasin kedua, diniatkan untuk tolak balak dalam seumur hidup. Dan yang ketiga, diniati meminta kekayaan dan kecukupan selama hidup.

Doa Nisfu Sya’ban
Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku”.

Itu adalah salah satu dari beberapa doa untuk malam nisfu syakban. Kamu bisa kemudian mencarinya di google.

Berzikir

Berdzikir memang dianjurkan tidak hanya untuk malam nisfu syakban. Kamu bisa berdzikir apa saja, entah itu dzikir yang biasa kamu aplikasikan atau melafalkan istighfar saja, atau tahmid, takbir, sholawat dan berbagai dzikir yang lain.

Meminta Maaf

Di bulan Sya’ban pintu maaf dibuka lebar. Maka ketika kamu sudah mohon maaf kepada Allah, umat islam juga dianjurkan unutuk saling maaf-maafan kepada orang lainnya juga.