Berikut Cara Daftar Prakerja Tahun 2023
Berikut Cara Daftar Prakerja Tahun 2023

Berikut Cara Daftar Prakerja Tahun 2023


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Pemerintah memutuskan memperpanjang program kartu prakerja di tahun 2023 ini. Berbagai persiapan sedang dilakukan pemerintah agar masyarakat yang berminat bisa segera daftar prakerja sesuai minat mereka.

Rapat Komite Cipta Kerja telah memutuskan Program Kartu Prakerja 2023 dengan skema normal. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022, di mana aturan pelaksanaan kartu prakerja ini tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 17 tahun 2022.

Program Kartu Prakerja 2023 akan fokus pada peningkatan kompetensi, produktivitas, kewirausahaan dan daya saing angkatan kerja.

“Tujuannya kita membangun ekosistem Prakerja yang lebih dengan kebutuhan industri, karena pelatihan bukan semua bisa masuk, tapi ada yang diprioritaskan,” kata Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Kurniasih Suditomo, baru-baru ini.

Buat yang ingin ikutan program ini ketahui dulu beberapa faktanya. Mulai dari kapan pendaftaran dibuka, cara daftar hingga batas umur peserta yang boleh mendaftar, seperti dirangkum Liputan6.com, Rabu (1/2/2023):

1. Waktu Pendaftaran Dibuka

Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Eksosistem Prakerja, Kurniasih Suditomo mengatakan pembukaan gelombang 48 program Kartu Prakerja kema normal akan dilakukan pada triwulan 1 tahun 2023.

“Triwulan 1 2023 kita gak bisa kasih tahu detail karena masih tunggu lembaga pelatihan (LP) masuk untuk mendaftar kartu Prakerja,” ujar Kurniasih, Rabu (18/1/2023).

2. Syarat Mendaftar

Salah satu yang banyak dipertanyakan terkait batas umur mendaftar kartu prakerja 2023. Pemerintah menetapkan batas umur yang menjadi syarat ikut kartu prakerja adalah 18 sampai 64 tahun.

Detailnya berikut Syarat mendaftar program kartu Prakerja skema normal 2023:

– Warga Negara Indonesia- Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)

– Tidak sedang mengikuti pendidikan formal baik SD, SMP, SMA, S1, S2, S3

– Berusia 18-64 tahun

– Tidak berstatus Pejabat Negara, Pimpinan dan/atau anggota DPRD, ASN, TNI, POLRI, KepalaDesa/Perangkat Desa, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN/BUMD

– Belum pernah menjadi penerima Program Kartu Prakerja.

– Penerima Program Bansos Pemerintah lainnya kini diperbolehkan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Program Kartu Prakerja di tahun ini berjalan dengan skema normal. Untuk diketahui, pada tahun lalu Program Kartu Prakerja berjalan dengan skema semi bantuan sosial.

Baca Juga :  Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023 Resmi Dibuka

Namun untuk pendaftaran masih sama seperti sebelumnya. Peserta diminta terlebih dulu membuat akun di prakerja.go.id baru kemudian mendaftar.

Berikut tahapan cara daftar kartu prakerja 2023.

– Cara Membuat Akun Prakerja

1. Masuk ke laman www.prakerja.go.id dan klik menu daftar sekarang

2. Masukkan alamat email aktif beserta kata sandinya

3. Lakukan verifikasi melalui email setelah melakukan pendaftaran

4. Pendaftaran berhasil.

Cara mendaftar Kartu Prakerja:

1. Buka www.prakerja.go.id

2. Sediakan nomor Kartu Keluarga serta NIK

3. Input data diri dan ikuti segala petunjuk yang tersedia

4. Setelah menginput data, lanjut mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka

Berbeda dengan tahun lalu yang semua harus daring atau online, pada Kartu Prakerja kali ini akan dilakukan secara daring dan luring.

Dalam konsep awal, pelatihan daring pembelajaran tidak lagi hanya menonton video saja namun dengan menggunakan konsep webinar yang akan berkapasitas sebanyak 150 peserta. Kemudian untuk pelatihan luring Kartu Prakerja sebanyak 40 peserta.

“Jadi untuk di awal ini tidak akan ada alih moda pelatihan menonton video secara mandiri,sekarang fokusnya untuk peningkatan kualitas. Ke depan untuk membiasakan dulu karena yang tadinya selama 2 tahun berjalan memegang 2 mandat, yaitu ada semi bansosnya juga sekarang kita fokus ke pelatihan,” ujar Head Kemitraan dan Program Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja (MPPKP), Dwina M. Putri

Durasi pada pelatihan daring akan memakan waktu minimal 15 jam per judul pelatihan yang diambil peserta. Terapi durasi maksimal per harinya untuk daring hanya 3 jam.

Sedangkan untuk luring akan memakan waktu 8 jam per hari atau maksimal 15 jam per judul pelatihan yang diambil. Yang mana pelatihan akan dimulai paling pagi pada pukul 08.00 hingga 21.00 dengan 2 tenaga pelatih.

Adapun lokasi untuk pelatihan secara luring diantaranya Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, Pontianak, Makassar,Kupang, dan Jayapura. Sedangkan untuk moda online atau daring, sama seperti sebelumnya, dapat diikuti dari seluruh provinsi.