Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023 Resmi Dibuka
Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023 Resmi Dibuka

Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023 Resmi Dibuka


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 sudah ditunggu-tunggu. Ada sejumlah perubahan yang terjadi dalam Kartu Prakerja tahun 2023. Di antaranya nilai manfaatnya lebih besar. Tapi kapan Gelombang 48 dibuka ?

Pengumuman pembukaan gelombang biasanya dilakukan melalui media sosial Prakerja. Namun hingga kini media sosial Prakerja belum mengumumkan secara pasti kapan Kartu Prakerja Gelombang 48 akan dibuka. Tapi pengumuman sebelumnya menyebutkan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja akan diumumkan pada triwulan pertama tahun ini.

Itu artinya pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 48 akan dilakukan antara Januari hingga Maret 20023. Karena bulan Januari sudah berakhir, maka pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 48 akan dilakukan dalam rentang 1 Februari hingga 30 Maret 2023.

Program Kartu Prakerja berlanjut tahun 2023 ini dengan skema normal. Perubahan-perubahan pada Program Kartu Prakerja Skema Normal tahun 2023 ini telah diumumkan pada Kamis (05/01/2023) lalu pasca rapat koordinasi Komite Cipta Kerja.

Perubahan yang terjadi pada Kartu Prakerja antara lain nilai manfaat lebih besar. Total Nilai manfaat Kartu Prakerja menjadi Rp 4,2 juta. Rinciannya, bantuan biaya pelatihan Rp 3,5 juta, biaya pengganti transportasi dan internet Rp 600 ribu, dan insentif pengisian survei Rp100 ribu.

Selain itu di Kartu Prakerja 2023 ada opsi pelatihan luring (offline) dan bauran (hybrid). Pelatihan daring (online) dapat diakses dari seluruh lokasi, pelatihan luring tahap 1 fokus di 10 provinsi, sedangkan pelatihan hybrid) tahap 1 fokus di 10 provinsi.

Waktu pelatihan Kartu Prakerja juga dinaikkan dari enam jam, kini menjadi 15 jam. Standar waktu pelatihan menjadi lebih panjang untuk memastikan ilmu yang didapat penerima manfaat betul-betul menyeluruh dan semakin berkualitas.

Cara Melakukan Pendaftaran Kartu Prakerja

Baca Juga :  Prediksi Jelang Laga Celta Vs Valladolid

1. Buka website www.prakerja.go.id, melalui di handphone atau komputer

2. Persiapkan Kartu Keluarga (KK) serta NIK masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

5. Selanjutnya nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Yang berhak mendapatkan Kartu Prakerja

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berumur di atas 18 tahun

3. Calon tidak sedang sekolah atau sedang kuliah

4. Sedang mencari pekerjaan, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

5. Bukan penerima bantuan sosial lainnya, selama pandemi Covid-19.

6. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

7. Maksimal dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam satu Kartu Keluarga (KK), yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja dapat dilakukan dengan mengunjungi laman www.prakerja.go.id. biasanya pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja setiap gelombangnya hanya berlangsung beberapa hari saja.