Simak Syarat Dan Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 48
Simak Syarat Dan Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 48

Simak Syarat Dan Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 48


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Daftar KartuPrakerja 2023 gelombang 48 di www.prakerja.go.id resmi dibuka. Program ini diciptakan untuk mengembangkan skill bagi para pencari kerja.
Selain menyasar para lulusan baru yang hendak memasuki bursa kerja, Kartu Prakerja 2023 juga menyasar mereka yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tahun ini sebanyak 1 juta kuota dipersiapkan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023
Buat akun Prakerja 2023

1. Masuk ke laman www.prakerja.go.id dan klik menu daftar sekarang

2. Masukkan alamat email aktif beserta kata sandinya

3. Lakukan verifikasi melalui email setelah melakukan pendaftaran

4. Pendaftaran berhasil.

Gabung ke Kartu Prakerja 2023

1. Buka www.prakerja.go.id

2. Sediakan nomor Kartu Keluarga serta NIK

3. Input data diri dan ikuti segala petunjuk yang tersedia

4. Setelah menginput data, lanjut mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka

Syarat Daftar Kartu Prakerja 2023
1. WNI minimal berusia 18 tahun.

2. Pendaftar tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Pendaftar adalah warga yang mencari kerja, buruh yang di-PHK, buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Pendaftar bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

5. Penerima bantuan Prakerja tidak dibenarkan diberikan kepada lebih 2 NIK dalam 1 KK.

Perlu dicatat, Kartu Prakerja 2023 menetapkan kebijakan baru, yakni memakai skema normal, bukan bansos. Total insentif yang diberikan menjadi Rp 4,2 juta dengan rincian sebagai berikut.

– Dana pelatihan: Rp 3,5 juta (tidak bisa dicairkan tunai).

– Insentif tunai: Rp 600 ribu.

Baca Juga :  Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023 Resmi Dibuka

– Insentif survei: Rp 100 ribu.

Adapun kuota yang diberikan sebanyak 1 juta orang akan terbagi menjadi dua tahap, sebagai berikut.

– Tahap awalkuota 595 ribu orang dengan anggaran Rp 2,67 triliun.

– Tahap kedua kuota 405 ribu orang dengan anggaran Rp 1,7 triliun.

 Namun hingga kini media sosial Prakerja belum mengumumkan secara pasti kapan Kartu Prakerja Gelombang 48 akan dibuka. Tapi pengumuman sebelumnya menyebutkan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja akan diumumkan pada triwulan pertama tahun ini.

Itu artinya pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 48 akan dilakukan antara Januari hingga Maret 20023. Karena bulan Januari sudah berakhir, maka pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 48 akan dilakukan dalam rentang 1 Februari hingga 30 Maret 2023.

Program Kartu Prakerja berlanjut tahun 2023 ini dengan skema normal. Perubahan-perubahan pada Program Kartu Prakerja Skema Normal tahun 2023 ini telah diumumkan pada Kamis (05/01/2023) lalu pasca rapat koordinasi Komite Cipta Kerja.

Perubahan yang terjadi pada Kartu Prakerja antara lain nilai manfaat lebih besar. Total Nilai manfaat Kartu Prakerja menjadi Rp 4,2 juta. Rinciannya, bantuan biaya pelatihan Rp 3,5 juta, biaya pengganti transportasi dan internet Rp 600 ribu, dan insentif pengisian survei Rp100 ribu.

Selain itu di Kartu Prakerja 2023 ada opsi pelatihan luring (offline) dan bauran (hybrid). Pelatihan daring (online) dapat diakses dari seluruh lokasi, pelatihan luring tahap 1 fokus di 10 provinsi, sedangkan pelatihan hybrid) tahap 1 fokus di 10 provinsi.

Waktu pelatihan Kartu Prakerja juga dinaikkan dari enam jam, kini menjadi 15 jam. Standar waktu pelatihan menjadi lebih panjang untuk memastikan ilmu yang didapat penerima manfaat betul-betul menyeluruh dan semakin berkualitas.

Selamat mencoba!