Tak Perlu Download Aplikasi, Begini Cara Kompres Foto Secara Gratis
Tak Perlu Download Aplikasi, Begini Cara Kompres Foto Secara Gratis

Tak Perlu Download Aplikasi, Begini Cara Kompres Foto Secara Gratis


Warning: Undefined array key "tie_hide_meta" in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u992852709/domains/kontermini.com/public_html/wp-content/themes/sahifa/framework/parts/meta-post.php on line 3

Mengunggah foto ke media sosial tentu sudah menjadi hal yang lumrah bagi banyak orang saat ini. Namun pernahkah Anda mencoba mengunggah foto dan gagal karena ukuran gambar terlalu besar?

Anda sebenarnya dapat mengunggahnya, tetapi Anda harus memperkecil ukuran gambar terlebih dahulu atau mengompres foto.

Ada beberapa metode yang biasa digunakan untuk memperkecil ukuran foto, salah satunya adalah kompresi foto. Kompresi foto dapat dilakukan secara online atau online.

Ada begitu banyak beberapa situs gratis di internet untuk mengunggah dan unduh foto untuk mengecilkan ukuran foto.

Kompres foto sendiri mengurangi ukuran file atau dokumen baik secara tunggal maupun jamak. Anda bisa kompres foto dengan cara daring atau online lewat beberapa situs dengan gratis dan juga mudah.

Nah, berikut ini beberapa situs yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto secara online dan gratis.

1. Tiny PNG

Salah satu situs untuk mengecilkan ukuran foto yang bisa digunakan ialah Tiny PNG. Anda bisa mengaksesnya lewat laman https://tinypng.com/.

Umumnya semua situs untuk kompres ukuran foto memiliki langkah yang sama, terlebih Tiny PNG ini. Adapun kemampuan situs ini adalah mampu mengoptimalkan ukuran foto dengan jenis file JPEG dan PNG dengan ukuran hingga 5 MB dan bisa sekaligus untuk maksimal 20 gambar.

Selanjutnya, cara untuk mengecilkan ukuran foto dengan Tiny PNG dapat dilakukan dengan hanya mengunggah dokumen foto yang ingin dikompres ke dalam situs. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu hasil kompresi dan mengunduhnya.

2. Compress JPEG

Situs selanjutnya yang cukup populer untuk mengecilkan kompres ukuran foto adalah Compress JPEG. Anda bisa mengaksesnya lewat tautan https://compressjpeg.com/.

Setelah membuka situs tersebut, Anda hanya perlu memilih jenis file yang akan dikompres. Situs Compress JPEG memiliki empat bilik kompresi, yaitu JPEG, PNG, GIF, dan PDF. Maksimal file yang dapat dikompres secara langsung adalah 20 buah.

Baca Juga :  Cara Kompres Foto Secara Online Dengan Aplikasi!

Cara untuk kompres foto pun cukup mudah, yaitu Anda cukup unggah foto yang ingin dikompres pada pilihan kompresi sesuai jenis file.

Anda bisa mengunggah foto dengan jenis JPG, JPEG, dan PNG lalu tunggu hingga pemrosesan selesai dilakukan. Setelah itu, Anda hanya perlu klik Download setelah kompresi selesai dilakukan dengan persentase tertentu.

3. I Love IMG

Situs selanjutnya yang bisa mengecilkan ukuran foto secara gratis ialah I Love IMG. Situs ini dapat Anda akses lewat tautan https://www.iloveimg.com/compress-image/compress-jpg.

Setelah membuka situs, Anda hanya perlu klik “Select Images” dan memilih dokumen foto mana yang hendak dikompres. Setelahnya, Anda hanya menunggu beberapa detik untuk mendapatkan hasil dari kompresi foto tadi.

Anda dapat mengecilkan ukuran foto dan mengunduhnya dengan mudah lewat situs I Love IMG ini.

Kedutaan Besar Australia dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) sukses menyelenggarakan pameran foto bertajuk “Bangkit dari Pandemi” di Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marjuki, Senin (31/1/2023).

Kedutaan Besar Australia membuka secara resmi pameran foto karya Alex Ellinghuasen, seorang foto jurnalis asal Negeri Kanguru, dan merupakan wartawan dari Sydney Morning Herald dan The Age.

Penyelenggaraan pameran ini bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI). Pameran tersebut menampilkan sejumlah foto Alex Ellinghausen yang mempunyai pengalaman profesional selama bertahun-tahun di bidang foto jurnalistik politik.

Selain karya Alex, di sini juga menampilkan karya-karya foto dari jurnalis foto Indonesia yang telah dipilih melalui serangkaian proses seleksi yang ketat.

Pewarta foto bersama-sama menyumbangkan pemikiran-pemikiran yang dikemas melalui karya visual yang menggambarkan keadaan pasca pandemi Covid-19. Foto ini dijadikan sebagai pengingat bahwa masyarakat pernah berada di masa-masa sulit.

Dari hasil foto-foto ini juga diharapkan bisa menjadi motivasi sekaligus inspirasi dan pemicu harapan, agar ke depannya masyarakat juga bisa sama-sama berjuang lebih keras untuk memberikan solusi, edukasi, dan mitigasi pandemi kepada khalayak.